#PTI Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Prestasi Akademik

Image Image

 

 

            Keberhasilan pendidikan di Universitas atau di Perguruan Tinggi dapat dilihat dari sejauh mana tujuan pembelajaran atau perkuliahan itu dapat terealisasi. Secara umum, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh oleh mahasiswa. Hasil belajar yang diperoleh mahasiswa di perguruan tinggi tergambar secara nyata dalam bentuk Indeks Prestasi (IP). Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku pada seseorang yang timbul misalnya dari tidak tahu menjadi tahu, timbul pengertian-pengertian baru, perubahan dalam sikap, kebiasaan, keterampilan, menghargai perkembangan sifat-sifat sosial, emosional dan pertumbuhan jasmani, apresiasi dan budi pekerti Oemar (2009:30). Hasil belajar merupakan tolak ukur yang digunakan untuk menentukan tingkat keberhasilan siswa atau mahasiswa dalam mengetahui dan memahami suatu pembelajaran atau perkuliahan. Dari proses perkuliahan, diharapkan mahasiswa memperoleh hasil yang baik sesuai dengan tujuan pembelajaran atau perkuliahan yang telah ditetapkan.     

        Menurut Depdikbud 1986 dalam Umi (2010:1) faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar antara lain faktor fisiologis dan faktor psikologis. Faktor fisiologis diantaranya faktor material pembelajaran, faktor lingkungan, faktor instrumental dan faktor kondisi individual subjek didik. Faktor material pembelajaran berupa kesesuaian materi dengan kemampuan peserta didik, faktor lingkungan berupa lingkungan alam dan sosial, faktor instrumental berupa perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software), seperti buku teks, alat pratikum, sarana-prasarana, sedangkan faktor psikologis diantaranya perhatian, pengamatan, ingatan, berfikir, motif. Sistem informasi merupakan salah satu sarana-prasarana yang ada di perguruan tinggi untuk memperoleh informasi bagi civitas akademika.

        Sarana merupakan segala sesuatu yang mendukung secara langsung terhadap kelancaran proses pembelajaran, sedangkan prasarana merupakan segala sesuatu yang secara tidak langsung dapat mendukung keberhasilan proses pembelajaran. Dengan demikian sarana-prasarana pendidikan merupakan faktor yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi proses pembelajaran dan hasil belajar Wina (2008:53). Dalam dunia pendidikan, seperti perguruan tinggi, keberadaan sistem informasi merupakan salah satu komponen yang tidak dapat dipisahkan dari aktivitas pendidikan itu sendiri. Kedudukan domain ini memiliki ketergantungan yang cukup tinggi dalam membentuk karakteristik dunia pendidikan. Dimana pendidikan sebagai penggerak terhadap sistem informasi pendidikan, sedangkan sistem informasi pendidikan akan menjadi penentu kinerja lembaga pendidikan Eti, Pontjorini dan Prima (2002:14).

            Prestasi Akademik adalah presatasi yang di gapai dalam bidang Pelajaran di sekolah atauUniversitas. Pendidikan untuk siswa yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewaselama ini belum berjalan secara optimal. Masih banyak dijumpai siswa dengan bakat akademisyang mengalami gejala “prestasi kurang”/underachiever.

       Penelitian yang dilakukan oleh Azwar Rhosyied dan Bambang Wijanarko Otok (2009) dengan menggunakan structural equation modeling, hasil yang diperoleh adalah penggunaan internet sebagai media belajar berpengaruh secara tidak langssung terhadap prestasi belajar.

Dalam beberapa penelitian dikemukakan :

1. Untuk SD Setelah dilakukan penelitian bahwa internet menurut mereka adalah untuk bermaingame-tidak untuk pengetahuan. Dan ini peneliti menyimpulkan bahwa internet untuk Golonganini memiliki dampak Negativ/buruk. (berlebihan=prestasi akademik menurun)

2. Untuk SMP Setelah dilakukan penelitian bahwa internet menurut mereka adalah untuk mencari pengetahuan dan hiburan ( game online) (bergantung terhadap si pengguna / bisa naik atau turun)

3. Untuk SMA Setelah dilakukan penelitian bahwa internet menurut merkea adlah salah satu sumber Ilmu dan pengetahuan (bergantung terhadap si pengguna / prestasi akademik bisa baik atau turun.

             Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa adalah dengan media sebagai alat bantu pembelajaran. Salah satu media yang sedang berkembang sekarang adalah internet. Internet sebagai media belajar merupakan sistem pembelajaran berbasis media elektronik berupa internet (Budi Oetomo,2002: 91). Penggunaan internet sebagai media belajar memang diperlukan. Dengan internet kita bisa mengakses berbagai informasi baikmengenai  materi kuliah maupun pengetahuan umum lainnya. Semakin sering menggunakan internet sebagai media belajar maka prestasi yang dicapai30 mahasiswa juga meningkat. Maka kerangka pikir dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh teknologi informasi membawa dampak positif terhadap prestasi akademik.

Daftar pustaka :

http://www.academia.edu

jurnal.unp.ac.id

jurnal.uny.ac.id

 

Leave a comment